Welcome To My Blog,,Please Coment and Follow this Blog


Minggu, 26 Februari 2012

Sejarah Web browser


Dalam keseharian, kegunaan browser hampir tidak dapat lepas dari kehidupan kita. Karena seperti yang telah kita sadari bahwa banyak dari kita adalah orang-orang yang tidak dapat lepas dari internet, untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Browser berbasis hypertext pertama (WorldWideWeb) dibuat pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Browser ini dikenalkan pada beberapa orang di CERN pada Maret 1991. Inilah awal mula kebangkitan dari browser. Setelah WorldWideWeb, muncul browser-browser lain ciptaan perguruan tinggi berturut-turut. Antara lain Berners-Lee dan muridnya menciptakan Libwww pada tahun 1992 yang dibangun dengan bahasa C. Dilanjutkan dengan Erwise (1992) oleh Robert Cailiau, mahasiswa Helsinki University of Technology. Kemudian ViolaWWW (Mei 1992) oleh PeiWei, mahasiswa University of California at Berkeley, MidasWWW (1992) oleh Tony Johnson. Namun bagaimanapun juga, browser yang membuat web makin populer adalah Mosaic, yang merupakan browser grafis pertama kali. Browser yang dibangun oleh NCSA (National Center for Supercomputer Applications) ̢ۥsebuah research institute di the University of Illinois̢ۥ yang diketuai oleh Marc Andreessen ini dirilis pertama kali (versi 1.0) pada Februari 1993 dan Mosaic ini merupakan killer application pada saat itu. Dan kemudian Marc Andreessen keluar dari tim dan bergabung dengan Netscape Communications Corporation.
Marc Andreessen
Netscape merilis Netscape Navigator pada Oktober 1994. Sedangkan Agustus 1994, NCSA memberikan hak komersialnya pada Spyglass Inc., dimana setahun kemedian Microsoft membelinya untuk Internet Explorer. Disinilah awal mula persaingan browser atau disebut juga perang browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar